Minggu, 11 September 2016

Idul Adha? Banyak Makan Daging? Jangan Khawatir! 5 Minuman Ini Akan Membantu Menurunkan Tekanan Darahmu!

Idul Adha dirayakan dengan memotong hewan qurban berupa unta, sapi atau kambing. Menu masakan berbau daging pun menjadi ciri khas hari raya satu ini. Mulai dari rendang, tongseng, gulai, steak dan juga sate.

Meski makanan olahan daging meraja lela di hari raya Idul Adha, kamu harus tetap berhati-hati dalam memilah makanan. Jangan terlalu banyak makan daging jika kamu tidak ingin tekanan darahmu naik dengan cepat. 

Hei, tapi jika kamu memang terlanjur kalap dengan menu daging masakan ibumu, kamu bisa kok mengimbanginya dengan beberapa  minuman berikut. Selain bisa menurunkan tekanan darahmu, minuman ini juga siap menyegarkan harimu. 

1. Jus Mentimun

Jus mentimun via infoherbalis.com

Mentimun sudah dikenal luas sebagai buah yang efektif untuk menurunkan tekanan darah. Mentimun biasanya dikonsumsi sebagai lalapan bersama dengan menu makanan daging. Akan tetapi kamu bisa kok, membuat jus dari buah yang satu ini.

Ambil saja satu buah mentimun, cuci dan potong kecil-kecil. Masukkan ke dalam blender, tambahkan sedikit gula dan air secukupnya. Blender hingga semua bahan tercampur rata. Jus mentimun siap untuk kamu nikmati.

Kamu juga bisa menambahkan es dan sedikit sari buah lemon atau jeruk nipis untuk menambah rasa dan menyegarkan harimu.  

2. Jus Semangka
Jus semangka via bukumasakan.com

Semangka juga mempunyai khasiat untuk meredakan tekanan darahmu. Selain itu kandungan vitamin di dalam buah semangka juga tidak kalah banyak untuk menutrisi tubuhmu.

Cara membuatnya juga mudah. Kamu tinggal memasukkan potongan buah semangka ke dalam blender, tambahkan air dan gula, lalu blender selama 4 menit. Kamu juga bisa menambahkan buah strawberry ataupun wortel untuk menambah rasanya.

Jangan lupa menambahkan beberapa es ke dalam jusmu. Selain menurunkan tekanan darah, jus semangka juga bisa menambah semangatmu. Semangat kakak! :D 

3. Jus Melon
Jus melon via topten.ph
Buah yang masih bersaudaraan dengan semangka ini ternyata punya khasiat yang tidak jauh berbeda dengan saudaranya. Melon juga dapat menurunkan tekanan darahmu lho.

Makan buahnya langsung saja sudah enak, apalagi jika dibuat jus. Hmm~ pasti segar dan tentunya menyehatkan. Jus melon dapat kamu nikmati pagi, siang atau sore hari.

Minum jus melon sebelum kamu makan makanan menu dagingmu. Serat dan yang cukup banyak terkandung buah ini dapat membuatmu merasa kenyang. Ini juga bisa membantu kamu agar tidak terlalu banyak makan daging. 

4. Jus Seledri
Jus seledri via sehatinia.blogspot.com
Tidak banyak yang menyukai seledri. Selain aromanya yang aduhai, rasa seledri juga tidak terlalu disukai oleh sebagian orang.

Akan tetapi dibalik rasa dan aroma yang kurang menggugahh selera itu, seledri ternyata menyimpan khasiat yang awesome. Seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah lho.

Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai rasa dan aromanya, kamu bisa menambahkan wortel dan tomat, nanas ataupun belimbing sebagaii campuran jusmu agar menambah rasa dan aroma.

5. Es Cincau Hijau
Es cincau via resto.gkios.com

Selain rasanya yang segar dan adem di tenggorokan dan perut, cincau juga bisa mengurai tekanan darah tinggi lho. Kamu bisa kok membuatnya sendiri. Kamu hanya perlu beberapa daun cincau saja.

Cuci berih daun cincau, masukan ke dalam blender, tambahkan air lalu blender selama 5 menit. Ambil sarinya lalu diamkan hingga kaku. Setelah kaku, kamu bisa menikmatinya dengan menambahkan sirup coco pandan.

Tapi kalau kamu tidak mau repot-repot membuatnya, kamu tinggal mencari abang-abang penjual es cincau saja. Pesan 1 gelas dan kamu bisa menikmatinya. Eiiiits, jangan lupa bayar ya :D

Nah, kamu suka minuman yang mana? Jangan lupa share ke teman-temanmu ya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© eureka | Blogger Template by Enny Law