Rabu, 05 Oktober 2016

Jatuh Cinta Tak Selamanya Indah. Cinta Tanpa Dasar Iman Bisa Berakibat Fatal Lho

Cinta bisa dirasakan siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Cinta selalu diidentikkan dengan hal-hal indah, romantis dan puitis. Akan tetapi, nyatanya cinta itu tidak selamanya indah dan berakhir bahagia. Cinta juga bisa menimbulkan kerusakan bagi manusia dalam kategori yang sangat luas dalam kehidupan ini lho.  


1. Kamu akan disibukkan dengan mengingat-ingat makhluk dan mencintainya, dibandingkan dengan zikir dan cinta kepada Allah. 


Orang jatuh cinta cenderung akan teringat oleh orang yang dicintainya dimana saja dan kapan saja. Bahkan ketika beribadah. Lalu bagaimana kamu akan mengingat Allah, Tuhanmu jika ketika beribadah saja kamu mengingat dia yang kamu cinta?
Ketahuilah bahwa di antara cinta dan dzikir itu tidak mungkin menyatu dalam hati seseorang, karena keduanya akan bertarung, dan yang akan menguasainya adalah yang paling kuat.

2. Hati kamu akan tersiksa karena perasaan kamu sendiri.


Mencintai orang lain itu tidak selalu indah dan bahagia lho. Ada banyak perasaan lain yang jadi bumbu-bumbu jatuh cinta. Senang, sedih, bahagia, khawatir, berharap, kecewa, rindu dan sebagainya. Kalau bahasa anak sekarang sih, bisa dibilang galau.

Sehari tak bertemu saja, rasanya gelisah. Seperti ada yang hampa. Rasanya ingin selalu berdua saja. Cinta buta, meski terkadang dinikmati oleh pelakunya, namun sebenarnya ia merasakan ketersiksaan hati yang paling berat.


3. Hatimu akan tertawan dalam genggaman orang yang kamu cintai.


Orang yang jatuh cinta cenderung mengikuti dan menuruti semua keinginan orang yang dicintainya. Tidak masalah jika keinginannya adalah hal yang positf, namun bagaimana jika keinginan orang yang kamu cintai itu adalah hal-hal yang negatif? Hmm~ bisa jadi justru merusak masa depanmu kan?

Dunia orang yang jatuh cinta juga jadi lebih sempit. Bagiamana tidak? Setiap hal yang ditemui selalu saja dihubungkan dengan dia. Ingin melakukan aktivitas apapun harus pamitan dulu dengan si dia. Inilah yang membuat kamu terbelenggu akan cinta, meski kamu terlihat bebas dan bahagia.

4.  Kecintaanmu akan orang yang kamu cintai, membuatmu melupakan kewajibanmu sebagai makhluk.

 
Orang yang jatuh cinta akan disibukkan oleh perasaan. Tak ada orang yang paling menyia-nyiakan agama dan dunia, melebihi orang yang sedang dirundung cinta buta. Ia menyia-nyiakan kepentingan agamanya, karena hatinya lalai untuk beribadah kepada Allah. 

Padahal sebagai makhluk, kita punya kewajiaban untuk beribadah kepada Allah kan? Memang siapa yang meberimu hidup, rejeki dan semua yang kamu miliki? Kekasih hatimu? Tentu saja bukan, kan? Allah lho yang memberi semua itu. 

5. Kamu hanya akan membuat setan-setan bahagia jika membiarkan dirimu mengikuti nafsumu.


Setan senang sekali jika ada orang yang jatuh cinta. Bagi mereka, orang yang sedang jatuh cinta itu mudah digoda imannya. Memandang-mandang wajahnya, berduaan dengan dia, jalan bersama, berboncengan dan masih banyak lagi kegiatan yang membuat setan merasa senang.
Aktivitas-aktivitas yang disenangi setan ini adalah aktivitas yang membawamu kepada dosa. Dosa karena berzina. Ya macam-macam, zina mata, zina hati, zina tangan. Aktivitas ini juga yang tanpa kamu sadari akan menjauhkanmu dari Robbi.

6. Kamu akan lebih banyak menggunakan perasaanmu daripada logikamu


Banyak lagu dan puisi yang menggambarkan bahwa orang yang jatuh cinta itu layaknya orang gila. Well, tidak salah juga sih. Saat jatuh cinta, orang lebih cenderung menggunakan perasaan daripada logikanya. Konsentrasi dalam melakukan aktivitas sehari-hari juga terganggu. Tidak heran jika prestasi bisa menurun,kerjaan berantakan dan lain sebagainya.

7. Kamu hanya bisa melihat hal baik dari orang yang kamu cinta, sedangkan hal buruknya tidak pernah kamu pedulikan.



 Saat kamu jatuh cinta dengan seseeorang, semua hal yang dia lakukan nampak baik di mata kamu. Bahkan jika itu adalah perbuatan buruk. Misalnya saja merokok. Karena kamu sudah terlanjur cinta dengan orang yang kamu cintai ini, kamu yang sebelumnya menganggap merokok adalah hal yang buruk, kini kamu memakluminya. Parahnya, kamu menganggap itu justru hal yang keren.
 

8. Saat semua tidak berjalan seperti harapanmu, kamu hanya akan kecewa, sedih dan hatimu berkeping-keping.


Tidak semua orang yang jatuh cinta akan bahagia. Tidak semua orang yang merasakan cinta akan terbalaskan cintanya. Dan tidak semua orang yang saling mencintai bisa seiya sekata. Patah hati, bertepuk sebelah tangan, diselingkuhi, perbedaan pendapat, marahan adalah beberapa contoh hal yang tidak diharapkan dalam sebuah kisah cinta seseorang. Namun, pada kenyataannya banyak orang mengalamai dan merasakannya.

Nah, cinta tanpa dasar iman pada akhirnya hanya akan mengantarkanmu pada luka. Luka karena kecewa, apa yang kamu harap tidak sesuai dengan keinginanmu. Itulah akibat dari berharap kepada makhluk. Mengharapkan mendapat kebahagiaan dari orang yang kamu cinta, yang tidak sempurna. Oleh karena itu, gantungkan harapanmu hanya pada Rabbmu, Sang Pencipta yang tidak akan pernah mengecewakanmu.

Sumber: instagram komik_muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© eureka | Blogger Template by Enny Law