Sabtu, 01 Oktober 2016

Ayo Nikmati Sunset di Kampung Edukasi Watu Lumbung, Bantul

Kampung Edukasi Watu Lumbung terletak di Kretek, Bantul. Jika dari arah kota Yogyakarta, kamu bisa lurus mengikuti Jalan Parangtritis hingga Jembatan Kretek. Tepat setelah Jembatan Kretek, berbelok ke arah timur sekitar 200meter dan belokkan kendaraanmu sekali lagi ke arah selatan. Ikuti jalan dan sampailah kamu di Watu Lumbung.

Di Watu Lumbung kamu bisa melihat indahnya Bantul dari puncak bukit. Jajaran pepohonan dan rumah-rumah yang terlihat mini, indahnya Jembatan Kretek, mempesonanya Sungai Opak dan jika kamu beruntung, kamu bisa menikmati pemandangan orang-orang berperahu dayung di Sungai Opak. Kamu juga bisa menolehkan wajahmu ke arah selatan, maka indahnya Pantai Parangtritis yang terkenal itu akan mempesonamu. 

Watu lumbung via sqquline.com

Kalau kamu terbiasa traveling di pagi hari, maka cobalah sore hari untuk berkunjung di Watu Lumbung ini. Kenapa sore hari? Karena indahnya sunset Jogja bisa kamu nikmati di sini. Tapi jangan datang mepet-mepet waktu sunset ya. Lokasi-lokasi yang disediakan biasanya sudah penuh dengan pengunjung setelah jam 5. 

Di Watu Lumbung terdapat 3 lokasi kuliner yang asyik untuk dikunjungi. Alas Kuliner, Kedai Wedangan dan Lembayung Surya. Di tiga tempat ini disediakan menu-menu khas ‘ndeso’ untuk menemanimu bercengkrama bersama teman-teman ataupun sekedar menikmati keindahan Bantul yang mempesona.

Tahu dan susu jahe via panduanwisata.co.id


Lokasi kuliner pertama adalah Alas Kuliner. Lokasi asik untuk seru-seruan bersama teman-teman.Alas Kuliner menyediakan kuliner-kuliner ‘ndeso’ seperti tempe goreng, pisang goreng, air kelapa muda, susu ataupun teh. Di Alas kuliner pun kamu bisa makan sepuasnya dengan sistem prasmanan cukup dengan membayar 25.000 rupiah per orang. Perut kenyang, hati senang.

Kamu yang suka hunting foto juga wajib ke Alas Kuliner. Setiap sudut Alas Kuliner ditata secara artistik sehingga terlihat eye cathcing bagi yang melihatnya. Sebut saja sepeda jadul yang sengaja diletakkan di atas lantai yang terbuat dari rangkaian bambu. Atau mau berfoto hits dengan pemandangan Kretek di atas ‘rumah pohon’ seperti di Kalibiru? Tenang saja, Alas Kuliner juga menyediakannya. Sediakan saja banyak-banyak memori di handphonemu dan jangan lupa tongsismu.
Lokasi kuliner selanjutnya adalah Kedai Wedangan. Lokasi ini sudah tidak asing lagi bagi anak hits Jogja, terutama yang hobi utak-atik instragram. Sudah cukup banyak pengguna instagram yang menguploaf foto-foto hitsnya di lokasi ini.

Alas Kuliner via lareangon.co.id

Kedai Wedangan adalah lokasi paling strategis untuk menikmati sunset di Watu Lumbung.  Indahnya sunset di Jogja yang hanya beberapa saat saja itu bisa kamu nikmati dengan jelas di lokasi ini. Tidak heran jika menjelang sore hari, lokasi ini sudah penuh dengan berbagai macam orang yang ingin menikmati sunset.

Kedai wedangan menyediakan menu yang lebih ‘ngafe’. Dari tahu dan tempe kemul, tahu dan tempe yang dibalut dengan gandum lalu digoreng sampai roti bakar ala Kedai Wedangan. Dan yang pasti bagi penikmat kopi, berbagai pilihan kopi tersedia di Kedai ini. 

Sedikit ke puncak, ada Lembayung Surya. Lokasi kuliner ini lebih seru dkunjungi oleh kalian yang berkelompok karena menyediakan menu cemilan dalam paket-paket. Menu cemilan? Haha. Iya. Di Lembayung Surya hanya disediakan paket cemilan ‘ndeso’. Paket yang paling murah seharga 25.000 rupiah berisi ubi goreng, pisang goreng dan kacang godog serta minuman ‘ndeso’ yang bisa kamu pilih. Mahal? Tidak juga. Paket ini bisa kamu nikmati bertiga bersama teman-temanmu. Kamu yang anak kos bisa bernafas lega. 

Lembayung Surya punya keunikan tersendiri. Kalau di tempat lain kamu membayar pada kasir, di Lembayung Surya kamu hanya perlu memasukkan uangmu ke dalam sebuah wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Orang Jawa menyemputnya kepis. Pada umumnya kepis ini dijadikan sebagai wadah untuk menyimpan ikan ketika memancing atau berlayar. Namun oleh pihak pengelola Lembayung Surya, kepis ini dijadikan sebagai kasir mandiri. Kreatif ya? Oh iya, jangan khawatir kalau kamu tidak membayar dengan uang pas. Kalau memang memerlukan kembalian, silakan ambil sendiri di kembalianmu di dalam kepis. Kejujuran memang diperlukan dalam ‘transaksi’ ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© eureka | Blogger Template by Enny Law