Jumat, 21 Oktober 2016

Notsalgia, Anime Tahun 90an yang Mengandung Unsur Makhluk Planet Lain

Baru-baru ini sedang heboh penemuan planet ke sembilan dalam tata surya. Planet yang jauh dari matahari, gelap dan sangat besar ukurannya. Sebelumnya juga sudah ditemukan planet yang mirip dengan bumi, dari ukuran hingga jaraknya. Planet ini disebut planet Kepler 186f.


Rupanya ada banyak planet-planet lain di tata surya, selain bumi. Nah, pertanyaannya adakah kehidupan lain selain di bumi? Hal ini tentu saja mengingatkan kita akan beberapa anime yang hits di tahun 90an. Anime yang dalam kisahnya mengandung unsur-unsur makhluk planet lain atau bisa dibilang alien.

Yuk, kita bahas satu per satu. Anime mana saja yang masih kamu ingat?

1. Sailormoon

Sailormoon via http://assets2.ignimgs.com/2016/04/22/sailormoonjpg-684b0e_1280w.jpg

Siapa yang tidak tahu anime yang satu ini? Anime paling hits bagi anak-anak perempuan di tahun 1990. Hayo~ masih ingat kan jargon utamanya, ‘dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!’

Anime ini mengisahkan tentang gadis berkepala onde-onde yang super malas, Usagi Tsukino. Pada suatu hari, Usagi menolong kucing hitam yang dijahili oleh anak-anak kecil. Usut punya usut si kucing hitam ini bukan kucing biasa. Kucing yang bisa bicara ini adalah makhluk planet Mau yang bertugas melindungi Putri Serenity dari Kerajaan Bulan.

Pada akhirnya, Usagi Tsukino pun mendapat kekuatan dari Luna, si kucing hitam yang bisa bicara,  untuk melawan musuh-musuh yang juga datang dari planet lain. Bersama dengan teman-teman yang lain, Usagi bertempur sebagai  sailor. Uniknya, keempat rekan Usagi ini juga menggunakan nama-nama planet dalam tata surya, seperti Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus.

Selain kisah pertempuran para sailor melawan musuh-musuhnya, kamu juga pastinya selalu menunggu perkembangan kisah cinta si tokoh utama, Usagi Tsukino dengan Mamoru Chiba. Hayo ngaku, siapa dulu yang naksir Mamoru? Kamu lebih suka Mamoru atau wujud lainnya sebagai Tuxedo Bertopeng?

2. Dragon Ball

Dragon ball via http://media1.santabanta.com/full1/Miscellaneous/Cartoon%20Characters/cartoon-characters-161a.jpg

Anime satu ini jadi yang di tunggu setiap hari minggu pagi. Masih ingat kan tentang 7 bola ajaib yang dapat mengabulkan permintaan apapun, termasuk menghidupkan orang? Dragon Ball bercerita tentang apa sih? Hmm~ jawabnya ada di ujung langit, kita ke sana dengan seorang anak. Anak yang tangkas dan juga pemberani.

Ya, Dragon Ball mengisahkan seorang bocah berekor panjang bernama Songoku. Goku ini punya kekuatan melebihi manusia biasa. Dan memang ternyata si Goku ini bukan manusia biasa, dia adalah makhluk dari planet lain. Goku merupakan anak dari bangsa Saiya, bangsa petarung yang ‘nyasar’ ke bumi.

Goku kemudian bertemu Bulma, gadis penemu yang genius. Mereka berdua kemudian berpetualang untuk mencari 7 bola ajaib yang disebut Dragon Ball. Dalam perjalanannya, mereka menemukan banyak lawan serta kawan.

Dalam perkembangan ceritanya, muncul musuh-musuh dari berbagai planetlain. Sebut saja Piccolo yang berasal dari Planet Nameks. Makhluk hijau yang mempunyai kekuatan besar. Atau masih ingat dengan Frieza? Makhluk imut dengan kepala ungu dan badan putih, tapi berhati kejam? Dia juga makhluk planet lain lho.

Oh iya, tahun lalu movie Dragon Ball yang paling baru tayang lho di bioskop seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kamu sudah nonton?

3. Creamy Mami

Creamy mami via http://img1.ak.crunchyroll.com/i/spire3/b5d826c2281d15f657f57f8a231d45ef1368655085_full.jpg
Satu lagi anime tahun 90an yang mengandung unsur alien, Creamy Mami. Creamy Mami mengisahkan tentang seorang anak berusia 10 tahun bernama Yuu Morisawa yang melihat kapal melayang di langit. Setelah bertemu dengan dua mahkluk menyerupai kucing, Yuu secara ajaib masuk ke dalam kapal besar tersebut.

Di dalam kapal yang melayang di langit itu, Yuu bertemu dengan banyak mahkluk aneh. Salah satunya makhluk dari planet lain yang mengatakan bahwa Yuu telah menolongnya menemukan jalan pulang ke rumah. Makhluk itu memberikan Yuu kekuatan untuk berubah menjadi gadis berumur 16 tahun yang kemudian menjadi penyanyi, Creamy Mami.

Yang jadi masalah adalah Yuu yang naksir Toshio, sahabatnya ini harus menjaga rapat-rapat identitasnya. Padahal Toshio ini penggemar berat Creamy Mami dan terlihat sangat menyukai Mami. Ih~ kebayang dong sakitnya.

4. Baby Ufo

Baby ufo via http://vignette2.wikia.nocookie.net/daadaa/images/6/6e/Daa.jpg/revision/latest?cb=20140513035808

Dari judulnya saja sudah kelihatan ya kalau Baby Ufo mengisahkan tentang alien? Baby Ufo memang menceritakan seorang bayi dalam ufo yang nyasar ke bumi. Bayi bernama Ruu tersebut ditemukan oleh Miyu Kozuki dan Kanata Saionji, dua remaja yang secara tragis harus tinggal bersama. Ayah Miyu yang seorang peneliti ruang angkasa dan Ibu Miyu yang seorang astronot harus ke Amerika, sedangkan Ayah Kanata yang merupakan pendeta juga harus ke luar negeri.

Merasa senasib dengan Ruu, Miyu dan Kanata pun memutuskan untuk mengasuh Ruu. Dibantu baby sitter canggih tapi aneh bernama Wanya yang bisa berubah-ubah wujud menjadi apa saja. Masalah pun dimulai ketika Ruu yang berasal dari planet lain ini bertingkah tidak seperti bayi pada umumnya. Ruu yang bisa melayang ini pun harus ditutupi oleh Miyu dan Kanata agar tidak diketahui orang lain sebagai makhluk planet lain.

Dalam perkembangan ceritanya, muncul makhluk-makhluk planet lain yang tidak kalah anehnya. Seperti Yaboshi Seiya, anak laki-laki aneh yang membuntuti Miyu ternyata juga seorang alien dari planet Sharaku. Dan masih banyak keseruan alien-alien lain yang membuat repot dan heboh kehidupan Miyu serta Kanata.

Oh iya, selain alien-alien aneh, anime ini juga memunculkan karakter-karakter aneh lainnya. Crist, teman sekelas Kanata dan Miyu punya kebiasaan aneh. Dia akan mengamuk dan menghancurkan apa saja kalau cemburu pada Kanata. Ada juga karakter komikus bernama Mikan yang di atas kepalanya selalu ada jeruk.  Ingat kan?

5. P-Man

Pman via  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8bZMIfHoz86XQd9wuR7yN78B8myfb75oRagjKUyKQ8XHNSle9jUkoSKJG19XGaTYX75-aLr3mhhZ7tfAkM5SzpccvPa2t8iGoHTImhpGLyzN6EtDDLawAiieGrBcqi-jGBzGN-N_e__VI/s1600/perman.png
Pman adalah seorang pahlawan yang menyelamat manusia di bumi dari kejahatan. Pman sendiri sebenarnya adalah seorang anak SD kelas 4 yang mendapat kekuatan dari Bird Man. Bird Man sendiri adalah seorang super hero dari planet lain yang bertugas menjaga keselamatan alam semesta. Khusus keselamatan bumi, Bird Man menugaskan Pman.

Pman tidak sendiri, dia dibantu oleh ketiga rekannya, yakni Pgirl, Bobby dan Fatman.Kempatnya bahu-membahu memberantaskan kejahatan demi menjaga keselematan manusia.

Karena tugas sebagai pahlawan tidak mengenal waktu, Pman menggunakan robot pemberian Bird Man untuk menggantikan aktivitasnya sebagai manusia biasa. Robot seukuran boneka yang bisa dibawa kemana saja ini jika dipencet hidungnya akan berubah wujud sesuai orang yang memencet hidungnya.

6. Tokyo Mew Mew


Tokyo Mew Mew via http://static.tumblr.com/097ebd0826459411f55563b515e67137/tjnnhd0/S8Noaw36w/tumblr_static_b3rvab4emncowwcgk0w4cgw40.jpg
Anime ini mengisahkan gadis berumur 14 tahun bernama Ichigo Momomiya. Ketika berkencan dengan cowok pujaan hatinya, Ichigo harus mengalami kekacauan karena serangan alien. Dengan bantuan kekuatan dari seorang pria bernama Shirogane, Ichigo memberantas alien jahat.

Seiring berkembangnya cerita, Ichigo bertemu dengan keempat rekannya, Minto Aizawa, Lettashu Midorikawa, Pudding Fong, dan Zakuro Fujiwara. Kelima gadis ini bahu membahu melawan alien-alien jahat yang menyerang bumi.

Bagaimana? Kamu yang anak 90an pasti masih ingat dong dengan anime-anime di atas. Anime yang selalu membuatmu menunggu-nunggu penanyangannya. Jadi anime yang mana yang jadi favoritmu?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© eureka | Blogger Template by Enny Law